arsip

IMPLEMENTASI MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN BEDALI 03 LAWANG MALANG

Zahrotul Afiah*

Dra. Sukamti, M. Pd**

Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd**

 

*KSDP FIP UM, jrusan_ksdp@yahoo.com

**Pembimbing, Jurusan KSDP FIP UM,  Jl. Semarang 5 Malang 65145

e-mail: jrusan_ksdp@fip.um.ac.id

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru mengimplementasikan model SAVI dalam pembelajaran IPA kelas V, aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui implementasi model SAVI, dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui implementasi model SAVI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan evaluasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Aktivitas guru selama mengimplementasikan model pembelajaran SAVI meningkat dari siklus 1 sebesar 82% menjadi 92,5% pada siklus 2. Aktivitas belajar siswa juga meningkat yakni nilai aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 72,49 sedangkan siklus 2 meningkat menjadi 86,66. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,86. Sedangkan siklus 2 mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 83,43.

Kata Kunci: IPA, Pembelajaran, Model SAVI

 

ABSTRACT: This research aimed at described the activity teacher implement model SAVI in learning science grade, the activity of learning a student grade V in learning IPA through implementation of the model SAVI, and study result of the student grade V in learning IPA through implementation of the model SAVI. This research using descriptive qualitative approach. The design of research used is research the act of a class composed of two cycles. The technique of collecting data using observation and evaluation. While technique uses the technique descriptive analysis of data qualitative. The activity of a teacher for an implement a model of learning SAVI increased from the cycle 1 is 82% to 92,5% in the cycle. The activity of learning students will also increase the value of 1 is the activity of students on a cycle 72,49 while cycle 2 increased to 86,66. In addition, study result of the students also be increased. On a cycle 1 average value of study result of the students are 72,86. While the cycle 2 have improvement so that the average study result of the student became 83,43.

Keywords: IPA, Learning, Model of  SAVI